MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Saniah Saniah

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran Koopertif tipe Jigsaw pada siswa kelas IX-3 SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan di lapangan dalam lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I rata-rata hasil belajar siswa kelas 73,9 dengan ketuntasan 68% kategori sedang. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 84,6 dengan ketuntasan 86% dengan kategori tinggi. Selain itu aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari jumlah skor perolehan yang secara bertahap meningkat dari Siklus 1 pertemuan 1 dan 2 kurang, pada Siklus 2 pertemuan 1 cukup, dan pertemuan 2 baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-3 SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2018-2019 dapat mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Koopertif tipe Jigsaw

Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.