MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 SALAPIAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Yusnani Yusnani

Abstract


Penelitian tindakan kelas 2 Siklus ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Salapian tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 orang siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Salapian. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tiap siklus terlaksana dengan baik. Aktivitas belajar siswa lebih aktif dan positif pada tiap siklusnya. Pada Siklus I hasil belajar siswa mencapai 68,75% siswa tuntas secara klasikal. Pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Secara klasikal hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw setelah Siklus II dikatakan berhasil mengacu pada indikator keberhasilan tindakan minimal 80%. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Salapian tahun ajaran 2017/2018

Keywords


Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.