Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dan Pembentukan Karakter Siswa

Juwita Tindaon, Deny Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn dan karakter siswa melalui penerapan Project Based Learning menggunakan media audio visual dengan tema “Tempat Tinggalku” di kelas IV SD Negeri 094102 Sambosar Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan jumlah subjek sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa kelas IV sekolah tersebut. Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa serta angket. Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I), dan Siklus II, ternyata project based learning pada tema 8 “tempat tinggalku” dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Hal itu diketahui dari hasil penilaian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti yang dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata pada observasi (ranah afektif) untuk kegiatan guru sebesar 73,33% dan 93,33% pada siklus 2 dan untuk kegiatan siswa sebesar 72,10% pada siklus 1 dan menjadi 81,71% pada siklus 2. Penilaian produk siswa (ranah psikomotor) sebesar 48,67% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 72,10% pada siklus 2, sehingga terjadi peningkatan sebesar 23,43%. Hasil perolehan rata-rata angket karakter siswa pada siklus 1 adalah 75,48% (kategori cukup) dan pada siklus 2 adalah 89,43% (kategori sangat baik). Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter siswa kelas IV terutama pada tema 8 “tempat tinggalku”.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i1.3228

Article Metrics

Abstract view : 548 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.