PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PEROLEHAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK DI TK PEMBINA NEGERI 2 BINJAI

Raisah Armayanti Nasution, Anita Yus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan minat belajar terhadap perolehan konsep matematika anak TK. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel berjumlah 16 orang anak TK B untuk kelas eksperimen dan 16 orang anak untuk kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes dan observasi dan dianalisis dengan menggunakan ANAVA.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan media balok dalam pembelajaran lebih baik membantu anak memperoleh konsep matematika dari pada media gambar, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara anak yang memiliki minat belajar tinggi dengan anak yang memiliki minat belajar  rendah, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran  dan  minat belajar terhadap perolehan konsep matematika.

Implikasi hasil penelitian ini berdampak terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, peran guru, pengelolaan kelas dan program pendidikan guru PAUD di LPTK.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i1.3229

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.