IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA PERHITUNGAN KIMIA

Mahmud Mahmud, Fauziyah Harahap, Ajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa dalam kimia dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah kooperatif dengan integrasi penggunaan buku teks di sekolah menengah atas yang dikembangkan dengan belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah kooperatif dalam buku teks siswa. (2) Pembelajaran berbasis masalah kooperatif dengan integrasi buku teks SMA yang bisa meningkatkan hasil siswa dalam kimia. (3) Perbedaan-perbedaan yang akan meningkatkan hasil belajar terutama bagi siswa dalam kimia yang dipelajari dengan buku teks siswa integrasi pembelajaran berbasis masalah kooperatif yang dikembangkan dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah kooperatif untuk buku teks siswa. (4) Integrasi pembelajaran berbasis masalah kooperatif dengan buku teks SMA yang dikembangkan dengan nilai karakteristik siswa. (5) Hubungan karakter siswa dengan hasil dalam kimia dengan menggunakan buku teks kimia integrasi pembelajaran berbasis masalah kooperatif di SMA yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA X MMS di Kabupaten Batubara untuk semester kedua di 2014/2015 yang belajar dengan kurikulum 2013. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 sekolah di Batubara yang dibagi menjadi dua kelas di setiap sekolah. Kelas eksperimen belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah kooperatif yang integrasi dengan buku teks kimia di atas yang telah dikembangkan dan kelas eksperimen II menggunakan masalah kooperatif pembelajaran berdasarkan buku teks yang kimia siswa integrasi di sekolah. Instrumen dalam penelitian ini adalah uji keberatan dari hasil belajar dan lembar observasi dari karakter siswa. Cara analisis data dilakukan dengan menggunakan Compare Means – Independent Samples T- test programme SPPS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk hipotesis pertama, ketiga, dan lima menunjukkan Sig. < α (0,000 <0,05). Hipotesis kedua menunjukkan nilai di kisaran gain 51%. Sehingga, integrasi pembelajaran buku teks kimia SMA berbasis masalah kooperatif yang yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran kimia. Hipotesis keempat menunjukkan kisaran tinggi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i2.3241

Article Metrics

Abstract view : 292 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.