Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Swasta Teladan GUPPI Kota Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2014/2015

Rosmaini Rosmaini, Deny Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn dan karakter siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Teladan GUPPI Kota Tebing Tinggi Tahun Akademi 2014/2015. Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa serta angket. Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II ternyata penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tema 5 “Pengalamanku” sub tema 1 ”Pengalaman masa kecil” dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Hal itu diketahui dari hasil penilaian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti yang dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata pada observasi (ranah afektif) untuk kegiatan guru sebesar 72,73 dan 89,77% pada siklus 2 dan untuk kegiatan siswa sebesar 74,67% pada siklus 1 dan menjadi 86,59% pada siklus 2. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 71,67% dan pada siklus 2 95,0%. Hasil perolehan rata-rata angket karakter siswa adalah 76,08% (kategori cukup) pada siklus 1 dan 87,33% (kategori baik) pada siklus 2. Berdasarkan data hasil belajar menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tema 5 “Pengalamanku” sub tema 1 ”Pengalaman masa kecil” dapat meningkatkan hasil belajar PPKn dan karakter siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i2.3242

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.