PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Hasil Studi pada produk kelarutan dan bahan kimia kelarutan diajarkan oleh model PBL dengan macromedia flash lebih tinggi daripada siswa diajarkan oleh PBL tanpa model media dan model DI, berpikir kreatif pada kelarutan bahan kimia dan produk kelarutan diajarkan oleh PBL model dengan macromedia flash lebih tinggi daripada siswa diajarkan oleh model PBL tanpa model media dan DI, hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa diajarkan dengan model DI, hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh model PBL tanpa media dan hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh model PBL dengan Macromedia Flash. Metode penelitian adalah metode kuasi-eksperimental. Sampel adalah 3 kelas di 3 sekolah di Medan, yang ditentukan oleh random sampling terdiri dari percobaan 1 (Model DI), percobaan 2 (model PBL tanpa media yang) dan percobaan 3 (model PBL dengan Macromedia Flash). Hasil penelitian menunjukkan hasil penelitian eksperimental dengan 3 lebih tinggi dari percobaan 2 dan percobaan 1, berpikir kreatif dengan percobaan 3 lebih tinggi dari percobaan 2 dan percobaan 1, ada hubungan antara berpikir kreatif dengan menggunakan pembelajaran eksperimental hasil-hasil 1, ada hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar menggunakan percobaan 2, ada hubungan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar menggunakan percobaan 3.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i2.3244
Article Metrics
Abstract view : 650 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.