PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Junaidi Amin Sitepu, Harun Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untu mengetahui: (1) hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pemelajaran role play dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ekspositori, (2) hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik, (3) interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 3. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0.05. Uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F dan uji Bartlet serta menggunakan uji Scheffe untuk melakukan uji lanjut. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran role play lebih tinggi dari hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori dengan Fhitung = 10.378 > Ftabel = 4.02; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Dengan Fhitung = 6.615 > Ftabel = 4.02; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar  dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan Fhitung = 4.277 > Ftabel = 4.02.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i2.3246

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.