PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SMPN LIMA PULUH KABUPATEN BATU BARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran advance organizer dan ekspositori. (2) mengetahui bahwa hasil belajar siswa yang memiliki tingkat kemandirian tinggi dan rendah, dan (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan tingkat kemandirian dalam mempengaruhi hasil belajar. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi advance organizer lebih tinggi dari pada strategi ekspositori. (2) Siswa yang memiliki tingkat kemandirian tinggi memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari pada siswa dengan kemandirian rendah. dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat kemandirian dalam mempengaruhi belajar IPS Sejarah siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v11i2.3268
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.