Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Menghitung Bangun Ruang dengan Menggunakan Alat Peraga pada Siswa Kelas VII SD Negeri 054870 Tanjung Jati

Halimatusadiah Siregar

Abstract


Berdasarkan hasil belajar siswa dua tahun yang di SD Negeri 054870 Tanjung Jati pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu baru mencapai 5,6 dan 5,9. Hal itu merupakan masalah bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan tersebut. Upaya yang dilakukan melalui penggunaan alat peraga kubus satuan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang. Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai minimal 7,0. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang ( balok dan kubus) mencapai rata-rata 6,4 pada siklus I, 6,8 pada siklus II dan 8,5 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut.Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran

Keywords


Bangun Ruang, Hasil Belajar, Alat Peraga

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.4553

Article Metrics

Abstract view : 289 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.