EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Fadilah Marpaung, Sahyar Sahyar, Ridwan A. Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis hasil belajar keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran
inquiry training berbantuan peta konsep lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori, (2) untuk menganalisis hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah dibawah rata-rata, dan (3) untuk menganalisis interaksi model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan pembelajaran ekspositori dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel secara sampling total sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan kelas kedua dengan pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan adalah tes essay berbasis keterampilan proses sains yang telah valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: (1) keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori. (2) keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah dibawah rata-rata dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan pembelajaran ekspositori dengan sikap ilmah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Keywords


inquiry training, peta konsep, sikap ilmiah, dan keterampilan proses sains

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.4561

Article Metrics

Abstract view : 327 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.