MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DENGAN PENERAPAN MODEL LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS VI SDN 056615 WONOSARI

Sumini Sumini

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SDN 056615 Wonosari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh siswa Kelas VI SDN 056615 Wonosari. Dari jumlah siswa 20 orang yang mengikuti post test pada bahan ajar Hak Azasi Manusia dengan pembelajaran model cooperative
learning hanya 9 orang yang dapat dinyatakan lulus (45%) dan sisanya 11 orang dinyatakan belum lulus (55%). Prosentase kelulusan berdasarkan ketuntasan kriteria minimum tersebut jauh dari prosentase ideal 80%. Bahkan prosentase kelulusan tersebut ternyata lebih kecil daripada prosentase ketidaklulusan. Oleh karena itu, untuk kasus tersebut diadakan remedial klasikal. Hasil siklus pertama menunjukkan bahwa 14 siswa memperoleh nilai minimal 78 (70%), dan pada siklus kedua 18 siswa memperoleh nilai minimal 78 (90%). Pada siklus ketiga yang menitikkberatkan pengamata motivasi belajar membuktikan bahwa motivasi belajar siswa tinggi yang terlihat dari keaktifan siswa mengikuti setiap kegiatan pembelajaran.


Keywords


hasil belajar, model pengajaran learning together, PPKn

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.4562

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.