MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 054875 SEI LIMBAT PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Authors

  • Esmin Purba

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4563

Keywords:

hasil belajar, CTL, Matematika

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 054875 Sei Limbat pada pokok bahasan bangun datar pada tahun ajaran 2014/2015 mempunyai hasil yang rendah. Hal ini diduga karena pendekatan pembelajaran pada saat itu belum tepat. Penelitian tindakan kelas dengan 2 silkus dilakukan dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil belajar siswa hasil penelitianmenunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapokok bahasan bangun datar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 7,2 dengan ketuntasan belajar 78,5%.

References

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Learning and

Teaching). Jakarta: Depdiknas.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: UPI.

Hudoyo, H. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Dikti P2LPTK.

Nurhadi & Senduk, A.G. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan

dalam KBK. Malang: Umpress.

Downloads

Published

2016-08-01