MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 054875 SEI LIMBAT PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Abstract
Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 054875 Sei Limbat pada pokok bahasan bangun datar pada tahun ajaran 2014/2015 mempunyai hasil yang rendah. Hal ini diduga karena pendekatan pembelajaran pada saat itu belum tepat. Penelitian tindakan kelas dengan 2 silkus dilakukan dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil belajar siswa hasil penelitian
menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pokok bahasan bangun datar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 7,2 dengan ketuntasan belajar 78,5%.
menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pokok bahasan bangun datar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 7,2 dengan ketuntasan belajar 78,5%.
Keywords
hasil belajar, CTL, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Learning and
Teaching). Jakarta: Depdiknas.
Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung: UPI.
Hudoyo, H. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Dikti P2LPTK.
Nurhadi & Senduk, A.G. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan
dalam KBK. Malang: Umpress.
DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4563
Article Metrics
Abstract view : 255 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.