MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 054875 SEI LIMBAT PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Esmin Purba

Abstract


Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 054875 Sei Limbat pada pokok bahasan bangun datar pada tahun ajaran 2014/2015 mempunyai hasil yang rendah. Hal ini diduga karena pendekatan pembelajaran pada saat itu belum tepat. Penelitian tindakan kelas dengan 2 silkus dilakukan dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dirancang untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil belajar siswa hasil penelitian
menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pokok bahasan bangun datar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa adalah 7,2 dengan ketuntasan belajar 78,5%.


Keywords


hasil belajar, CTL, Matematika

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Learning and

Teaching). Jakarta: Depdiknas.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: UPI.

Hudoyo, H. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Dikti P2LPTK.

Nurhadi & Senduk, A.G. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan

dalam KBK. Malang: Umpress.




DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4563

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.