MENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERPEN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS IX-B SMP N 1 KUALA
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi cerpen dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write. Melalui strategi pembelajaran Think Talk Write, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-2 yang terdiri atas 40 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan bercerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat. Peningkatan baik secara produk maupun keterampilan bercerita dapat dilihat dari skor rata-rata dari pra-tindakan sampai siklus II. Pada pra-tindakan, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 16,84, kemudian meningkat menjadi 21,42 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 28,31 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sebesar 6,34 sedangkan skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 12,10.
Keywords
keterampilan bercerita, think-talk- write, Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
DeBono, E. 2013. Resolusi Berpikir. Terjemahan Ida Sitompul dan Fahmi
Yamani. Bandung: Kaifa.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta: BPFE.
Tarigan, H. G. 1983. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa
Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat
Bahasa
Wendra, I W. 2008. Buku Ajar Keterampilan Berbicara. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha.
DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4564
Article Metrics
Abstract view : 560 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.