MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) KELAS VII-B DI SMP NEGERI 5 STABAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Marina Marina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan prestasi
belajar dalam pembelajaran IPS model Kajian kelompok kelas VII-B SMP N 1
Salapian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan model
Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali
pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya
peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPS dan penguasaan materi IPS.
Tindakan yang diberikan berupa model Kajian Kelompok sebagai upaya
memperbaiki pembelajaran IPS dan meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model kajian Kelompok dapat
meningkatkan prestasi siswa. Siswa memiliki keberanian untuk bertanya,
berkomunikasi, menjawab pertanyaan guru, teman atau kelompok lain dan berani
mempertahankan pendapat ketika berdiskusi. Meningkatnya prestasi belajar IPS
dapat dilihat dari perolehan nilai siswa sebelum diberikan tindakan, yakni rata-rata
71,25, menjadi 74,84 pada siklus I. Pencapaian ketuntasan materi sebelum dilakukan
tindakan sebanyak 21 siswa (58,33%), meningkat menjadi 25 siswa (64,44%) pada
siklus I . Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80,66 dan siswa yang telah
mencapai ketuntasan 31 siswa (86,11%) pada tes akhir siklus rata-rata nilai siswa
menjadi 82,22 siswa yang telah mencapai ketuntasan 33 siswa (91,67%). Model
pembelajaran Kajian Kelompok mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas
VII-B SMP N 2 Salapian. karena pembelajaran dengan model Kajian Kelompok
dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan
menyenangkan.


Keywords


prestasi belajar, model Group Investigation, IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4565

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.