MENINGKATKAN PRESTASI SISWA KELAS VI SDN 054875 SEI LIMBAT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD)

Zul Aminurasyd

Abstract


Permasalahan yang ada di kelas VI SDN 054875 Sei Limbat khususnya pada mata pelajaran matematika adalah sebagian besar peserta didik sangat kurang memahami operasi Bilangan Pecahan dan Desimal. Hal ini mungkin disebabkan ketidaksesuaian model pembelajaran. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dirancang untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa dengan menerapkam model pembelajaran kooperatif STAD. Subjek penelitian berjumlah 26 orang siswa kelas VI A SDN 054875 Sei Limbat Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Setelah penelitian dilakukan, hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari kenaikan skor rata-rata siswa dari 69,5 pada siklus 1 menjadi 77,2 pada siklus 2, dan ketuntasan belajar dari 68,2% pada siklus 1 menjadi 86,4% pada siklus 2


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran kooperatif STAD, Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4566

Article Metrics

Abstract view : 184 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.