PENERAPAN METODE DEMOSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 054875 SEI LIMBAT KELAS I TAHUN 2014/ 2015

Authors

  • Roslinda batubara

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4567

Keywords:

hasil belajar, metode demonstrasi, IPA

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN 054875 Sei Limbat, khususnya Kelas I. Subjek penelitian sebanyak 39 siswa. Dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang mendapat nilai kurang, di bawah KKM pada mata pelajaran IPA, penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan. Penerapan metode demonstrasi diawali dengan pemberian contoh-contoh kemudian siswa melaksanakan demonstrasi. Pemberian latihan dilakukan berulang-ulang dengan bimbingan guru yang cukup sampai siswa dapat memecahkan masalah. Hal ini dibuktikan melalui perolehan rata-rata skor 67 pada hasil evaluasi akhir pada pra siklus, 72 pada siklus I dan 88 pada siklus II. Hasil menunjukkan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA meningkatkan prestasi belajar siswa

Downloads

Published

2016-08-01