Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SD Negeri 050517 Kwala Begumit Tahun Ajaran 2014/2015

Sujarno Sujarno

Abstract


Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 050517 Kwala Begumit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual. Siklus I ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata 63,70 menjadi 73,02 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 36% menjadi 68%. Siklus II terjadi peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata siklus I yaitu 73,02 menjadi 75,00 dan dari pencapaian KKM 68% menjadi 88%. (2) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan kontekstual ini adalah: (a) pembentukan kelompok kerja dilakukan oleh siswa sendiri untuk mengatasi kendala kurang membaurnya siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, (b) penggantian model dengan siswa yang jarang tampil di depan kelas untuk mengatasi kendala kurangnya perhatian siswa terhadap model yang ditampilkan, (c) pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual, (d) penambahan motivasi dari guru untuk mengatasi kendala ketidak beranian siswa untuk bertanya. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan siswa kemampuan menghitung volume bangun ruang.


Keywords


kemampuan menghitung, volume bangun ruang, pendekatan kontekstual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4569

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.