EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA SMA NEGERI 1 KUTA CANE TAHUN AJARAN 2015/2016., PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 2015

Sri Mila Susilawati, Nurdin Bukit

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran inquiry
training dan model pembelajaran direct instruction., (2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi dan pemahaman konsep awal rendah, (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inquiry
training dan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains siswa. Sampel diambil dengan menggunakan cluster random
sampling dimana kelas pertama diterapkan model pembelajaran
inquiry training dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pemahaman konsep awal yang terdiri dari 10 pertanyaan dan instrumen hasil belajar fisika terdiri dari 10 pertanyaan.yang dinyatakan valid dan reliabel


Keywords


inquiry training, pemahaman konsep awal, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4571

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.