PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MEDIA STIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENDONGENG DI MIN GEBANG T.A 2014/2015

Arbaiyah Arbaiyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Meningkatkan aktivitas siswa, (2)) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative Learningdengan media stik berjalan .Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN Gebang dengan jumlah siswa 28 anak.Instrumen pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan media Stik berjalan berhasil meningkatkanhasilbelajar PKn siswa kelas III MINGebang. Dalam setiap siklus aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: siklus I dengan rata-rata nilai 2,71atau 67,7% dan siklus II 3,2 atau 80,5%. Hasil belajar siswa pada pre tes dan pos tes mengalami peningkatan siklus I ratarata nilai pre tes 56, pos tes 64 sedangkan siklus II pre tes 65, pos tes 88.Persentase ketuntasan belajar yaitu siklus I 54% dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menggunakan Cooperative Learning dengan media stik berjalan pada siswa kelas III MIN Gebang dapat meningkatkan aktivitas siswa


Keywords


Hasil belajar, PKn, Cooperative Learning, Media Stik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4572

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.