PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SMP NEGERI 6 MEDAN

Ermida Hormatua Sitorus, Hasratuddin Hasratuddin, Maratua Manullang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis pendekatan saintifik yang telah dikembangkan, menghasilkan produk LKS yang valid berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan berpikir kritis siswa di SMPN 6 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan dan Semmel, yaitu model four D yang telah dimodifikasi dan rancangan dalam uji coba menggunakan one group pretest-postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP sebesar 4,41; LKS sebesar 4,37; buku guru sebesar 4,38 dan buku siswa sebesar 4,38 (2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik telah memenuhi kriteria kepraktisan yang ditinjau dari (a) uji coba I diperoleh rerata realisasi keterlaksanaan perangkat sebesar 72,3 dengan kategori tinggi dan pada uji coba II diperoleh rerata realisasi keterlaksanaan perangkat sebesar 85,75 dengan kategori sangat tinggi. Pada uji coba I diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 91%, dan pada uji coba II diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 92,59% sehingga kriteria ini telah tercapai. (3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik telah memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari (a) Pada uji coba I diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 91,06%, dan pada uji coba II diperoleh rerata total respon positif siswa sebesar 94,79% sehingga kriteria ini telah tercapai. (b) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi persamaan linier satu variabel dan pertidaksamaan linier satu variabel diperoleh dari rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba I sebesar 2,71 meningkat menjadi 3,00 pada uji coba II dan rata-rata pencapaian keterampilan berpikir kritis matematis pada uji coba I sebesar 3,21 meningkat menjadi 3,32 pada uji coba II.




Keywords


pengembangan LKS, pendekatan saintifik, kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan berpikir kritis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i2.4573

Article Metrics

Abstract view : 485 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.