Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SnowBall Throwing Untuk pada Siswa Kelas IV SDN 050586 Tanjung Jati Tahun Ajaran 2014-2015

Janem Janem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui modelpembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing kelas IV SD N 050586 Tanjung Jati.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmisdan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiridari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek pada penelitian iniadalah siswa kelas IV SD N 050586 Tanjung Jatiyang berjumlah 25 siswa.Metode pengumpulan data padapenelitian ini melalui observasi dan tes hasil belajar.Instrument penelitian yangdigunakan berupa lembar observasi dan soal tes.Sebelum digunakan dalampenelitian, lembar observasi dan tes di validasi secara expert judgement.Soal yangsudah dinyatakan valid dan reliable digunakan dalam penelitian.Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Data yangberkaitan dengan observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tesdianalisis secara kuantitatif persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya modelpembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS dapatmeningkatkan hasil belajar IPS.Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tespratindakan ada 6 siswa atau 22,222% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65.Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe SnowballThrowing di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 14 siswa atau 48% dari seluruhsiswa yang mendapat nilai ≥65. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan denganmemvariasi model pembelajaran di siklus II dengan pengundian materi pada tiapkelompok dan penggunaan bola plastik untuk menempelkan pertanyaan yang akandilemparkan, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 22 siswa atau88% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Nilai rata – rata hasil tesmeningkat, pada siklus I yaitu 62,13 sedangkan pada siklus II yaitu 73,20


Keywords


hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i3.4576

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.