MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 SALAPIAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Parjoko Parjoko

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VII-C SMP Negeri 1 Salapian semester genap tahun ajaran 2015/2016 ini bertujuan untukmengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA, 2) keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model PBL, dan 3) peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model PBL. Subjek penelitian ini berjumlah 34 orang dan dilaksanakan dalam 2 siklusselama 3 bulan (Maret - Mei 2016). Tiap siklus  dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan: 2 pertemuan untuk pengajaran dan 1 pertemuan untuk tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan yaknilembar observasi dantes. Hasil PTK menunjukkan bahwa: 1) Hasil observasi terhadap penerapan pembelajaran secara keseluruhan dikategorikan terlaksana dengan baik dan meningkat. Untuk siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 2,7 dan pertemuan II nilai 3,1; sedangkan untuk siklus II pertemuan I diperoleh nilai 3,0 dan pertemuan II nilai 3,4. 2) Hasil observasi terhadap keaktifan siswa pada tiap pertemuan pada kedua siklus menunjukkan kriteria baik/aktif. 3) Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I  mencapai 76,47% dan meningkat pada siklus II mencapai 85,24%. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA

Keywords


Problem Based Learning Model, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.9008

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.