PENDEKATAN KOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 STABAT

Erlambang Erlambang

Abstract


Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual, tidak ada penggunaan alat peraga sehingga aktifitas siswa rendah baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional yang mengakibatkan siswa hanya duduk sebagai pendengar saja sehingga siswa mengantuk. Dalam rangka meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran pola bilangan dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan alat peraga. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-1 SMP Negeri 2 Stabat dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran pola bilangan menunjukkan meningkat. Berarti pemahaman konsep matematika pada materi pola bilangan semakin meningkat juga. Dimana pasa siklus 1 pertemuan 1 yang tidak terlibat aktif mencapai 37,14 % (13siswa), namun pada siklus 2 pertemuan 3, yang tidak terlibat aktif menjadi 11,40 % (4 siswa). Ini membuktikan terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 25,70%(9 siswa).

Keywords


aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.9009

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 409 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.