MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) PADA SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 1 SALAPIAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian tindakan kelas dua siklus ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui penggunaan Picture Word Inductive Model (PWIM). Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan subjek 34 siswa. Ada dua macam data yaitu data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif dikumpulkan dari tes tulis. Hasil menunjukkan bahwa:pertama, PWIM membantu siswa untuk menghasilkan dan mengatur gagasan dalam mengidentifikasi dan memberi label pada langkah gambar. Kedua, PWIM memperkaya kosakata siswa dalam membaca dan mengulas kata gambar. Ketiga, PWIM meningkatkan penguasaan tata bahasa siswa dengan menerapkan langkah-langkah yang menghasilkan kata-kata menjadi kalimat dan paragraf. Keempat, membaca dan mengkaji ulang kalimat dan langkah paragraf memungkinkan siswa untuk lebih memperhatikan aspek mekanis seperti ejaan dan tanda baca. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa. Skor rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 67,09 dan pada siklus 2 adalah 78,11. Ketuntasan belajar siswa di siklus 1 adalah 73,52% dan siklus II sebesar 79,41%. Hasil observasi menunjukkan bahwa setelah belajar dan mengajar dengan menggunakan strategi PWIM, siswa menjadi lebih penuh perhatian, aktif, lebih bahagia dan dapat menarik minat siswa di kelas.
Keywords
Picture Word Inductive Model (PWIM), kemampuan menulis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.9011
Article Metrics
Abstract view : 1139 timesPDF - 955 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.