PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 SALAPIAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Tian Kaban

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru (keterlaksanaan pembelajaran), tingkat keaktifan siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) melalui games akademik dan turnamen. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru,keaktifan siswa dantes hasil belajar materi bola besar (voly dan basket). Tes hasil belajar terdiri dari tes kognitif, psikomotor dan afektif. Penelitian dilaksanakan dua siklus selama 3 bulan dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan subjek 34 orang siswa. Hasil siklus I menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran TGT berkategori cukup baik dengan rata-rata perolehan 3,35, tingkat keaktifan siswa berkategori aktif dengan persentase indikator positif lebih besar atau sama dengan 70% dan hasil belajar siswa mencapai 73,52%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berkategori baik dan lebih meningkat dari siklus I yaitu mencapai 3,59, keaktifan siswa berkategori aktif dan belajar siswa mencapai 85,29%. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar penjasorkes siswa  kelas VII-B SMP Negeri 1 Salapian tahun ajaran 2015/2016.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil belajar siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.9012

Article Metrics

Abstract view : 217 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.