HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KOTA LANGSA TENTANG MANGROVE PEMECAHAN MASALAH EKOSISTEM HUTAN MANGROVE

Asmaul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengumpulkan dan melakukan pengujian yang berkenaan dengan: 1) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove (X1) dengan kreativitas siswa (Y1); 2) Hubungan dan kontribusi keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X2) dengan kreativitas siswa (Y1); 3) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove(X1) dengan pemecahan masalah ekosistem hutan mangrove(Y2); 4) Hubungan dan kontribusi keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X2) dengan pemecahan masalah ekosistem hutan mangrove (Y2); 5) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X1X2) dengan kreativitas siswa (Y1); dan 6) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X1X2) dengan pemecahan masalah ekosistem hutan mangrove (Y2). Penelitian bersifat deskriptif korelasional menggunakan metode survey terhadap populasi siswa SMA Negeri se kota Langsa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri dari 2 SMA di wilayah Kota, 2 SMA di wilayah dataran, dan 1 SMA di wilayah pesisir dengan responden berasal dari siswa kelas X sebanyak 714 orang. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana, dilanjutkan dengan regresi sederhana; dan analisis korelasi berganda dilanjutkan dengan regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh: (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan siswa tentang ekosistem mangrove dengan kreativitas siswa; (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan proses sains dalam pembelajaran ekosistem dengan kreativitas siswa; (3) Tingkat pengetahuan siswa tentang ekosistem mangrove berkorelasi negatif yang tidak signifikan terhadap pemecahan masalah ekosistem mangrove; (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran ekosistem dengan pemecaham masalah ekosistem mangrove; (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan tentang ekosistem mangrove dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran Ekosistem dengan kreativitas siswa. Sehingga disimpulkan, bahwa tingkat pengetahuan dan keterampilan proses berkorelasi positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa, dan keterampilan proses sains berkorelasi positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah mangrove oleh siswa SMA Negeri se Kota Langsa T.P 2015/2016.

Keywords


pengetahuan ekosistem, keterampilan proses sains dalam pembelajaran ekosistem, kreativitas siswa, pemecahan masalah, ekosistem mangrove.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.9015

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.