Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Locus Of Control Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Siswa Kelas XI SMA Swasta St. Thomas 2 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pendidikan Agama antar kelompok belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT (2) hasil belajar Pendidikan Agama antara kelompok siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control eksternal, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan locus of control terhadap hasil belajar Pendidikan Agama. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan factorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukan (1) hasil belajar Pendidikan Agama peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran TGT lebih tinggi daripada NHT, (2) hasil perhitungan tentang hasil belajar Pendidikan Agama peserta didik yang memiliki locus of control internal lebih tinggi dan locus of control ekternal, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan locus of control terhadap hasil Pendidikan agama.
Keywords
Strategi Pembelajaran, Locus of Control, Hasil Belajar Pendidikan Agama
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9648
Article Metrics
Abstract view : 216 timesPDF - 253 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.