Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw

Erlinda Ompusunggu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 104205 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SD yang berjumlah 21 orang siswa. Penelitian ini sangatlah diperlukan dalam menerapkan pendekatan kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA. Data yang diperoleh meliputi, test dan lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri, dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, berdasarkan hasil penelitian siswa diberikan test sebanyak 10 soal. Dari hasil tes awal dapat dilihat bahwa nilai rata-rata mencapai 52,4. Dari 21 siswa terdapat (33,3%) atau  7 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (66,7%) atau 14 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Dari hasil penelitian siklus I dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA masih rendah, dengan nilai rata-rata mencapai 66,2. Dari 21 siswa terdapat (47,6%) atau 10 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (52,4%) atau 11 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA. Dari hasil penelitian siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam menguasai materi IPA sudah mengalami peningkatan yang lebih baik, dengan nilai rata-rata mencapai 74,8. dengan nilai rata-rata mencapai 71,9. Dari 21 siswa terdapat (90,5%) atau 19 orang siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dan (9,5%) atau 2 orang siswa masuk dalam kategori tidak tuntas atau tidak berhasil pada pokok bahasan IPA.

Kata kunci: pendekatan kooperatif, model pembelajaran jigsaw, hasil belajar IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v6i2.4344

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.