PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY (MEMBUAT CONTOH PRAKTIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP N 2 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

vera admadina panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model
pembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik)
terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama oleh siswa
kelas VIII SMP N 2 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Perbaungan
sebanyak 388 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu metode eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh sebelum perlakuan dan setelah dilakukan perlakuan dengan
model yang digunakan yaitu Model Pembelajaran Active Learning
Tipe Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik) Terhadap
Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Drama. Sampel diambil
secara acak sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes
menganalisis unsur intrinsik drama. Nilai rata-rata post-test adalah
74,62, sedangkan untuk pre-test adalah 62,75. Dengan demikian,
dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis unsur
intrinsik drama siswa setelah perlakuan (post-test) lebih tinggi
daripada sebelum perlakuan (pre-test). Pengujian hipotesis diperoleh
thitung = 4,56, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikan 5% = 2,02. Karena thitung = 4,56 > ttabel = 2,02 maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model
pembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik)
mempengaruhi menganalisi unsur intrinsik drama siswa kelas VIII
SMP N 2 Perbaungan.
Kata kunci: Active learning tipe modeling the way, menganalisis
unsur intrinsik, drama.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v2i4.1491

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 vera admadina panggabean

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.