PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

yuni yunita dongoran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 200siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelasXII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajarn 2013/2014.
Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan siswa membedakan paragraf deduktif dan induktif menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,93. Kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 58,66
Model pembelajarankooperatif tipe STAD berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan paragraf deduktif dan induktif. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel(0,05) yakni 2,11> 2,04. Untuk itu, perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan kemampuanmembacayaitumembedakan paragraf deduktif dan induktif dengan menerapkan model pembelajarankooperatif tipe STAD, karena model pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif.
Kata kunci: Pengaruh, model, kooperatif, STAD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i1.1504

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 yuni yunita dongoran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.