Hubungan Kemampuan Menyimak Lagu, Kemampuan Menulis Cerpen, hubungan antara kemampuan menyimak lagu dengan kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X MAS As-Syarif Desa Kuala Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014

rama wadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak
lagu, kemampuan menulis cerpen, hubungan antara kemampuam menyimak lagu
dengan kemampuan menulis cerpen oleh siswa X MAS As-Syarif Desa Kuala
Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa X MAS As-Syarif Desa
Kuala Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 157 orang siswa.
Sampel penelitian ini sebanyak 31 siswa yang mewakili dari jumlah seluruh
populasi yang ada. Metode penelitian ini bersifat kolerasi.
Dari pengolahan data diperoleh variabel X dengan rata-rata = 75.80
standar deviasi 8.76 dan termasuk kategori sangat baik 16.12 , kategori baik
48.38 , kategori cukup 22.58 dan kategori kurang 12.90 . Hasil Variabel Y
dengan rata-rata 77.09, standar deviasi 8.60, dan termasuk kategori sangat baik
29.03 , kategori baik 38.70 , dan kategori cukup 32.25 . Dari uji data hasil
variabel X dan Y didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari homogenitas
didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah
uji normalitas, uji homogenitas dan selanjutnya iju hipotesis atau rxy = 0.17 setelah
rxy diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5
dan 1 dengan df = N-1 = 31-1= 30, dari df = 30 diperoleh taraf signifikan 5
= 0.355 dan 1 r= 0.456 ternyata rxy lebih besar rtabel yaitu 0.355 0.17 0.456
maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara menyimak
lagu dengan menulis cerpen siswa kelas X MAS As-Syarif Desa Kuala Beringin
Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Keyword: Menyimak Lagu, Menulis Cerpen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v3i3.1568

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 rama wadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.