EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN PENELITIAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI MORAL CERPEN SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG BALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011”.
Abstract
Masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan menganalisis nilai-nilai moral cerpen
Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna dengan model pembelajaran latihan penelitian lebih
baik dari metode ekspositori pada siswa kelas X SMA Negeri I Tanjung Balai Tahun
Pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektivan Model
Pembelajaran Latihan Penelitian Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-nilai Moral
Cerpen Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Balai
Tahun pembelajaran 2010/2011.
Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan menganalisis nilai-nilai
moral cerpen Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna. Instrumen tes telah diujicobakan
sehingga diketahui validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post-test only control group design.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran latihan
penelitian sebesar 77,16 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan metode ekspositori
adalah 69,16. Dari perhitungan statistik “t” diperoleh harga t
hitung
sebesar 3,36 dan dari
tabel “t” pada daftar tabel untuk α = 0,05 dengan dk=58 sebesar 2,00 sehingga t
hitung
>t
tabel.
Hasil hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar menganalisis nilai-nilai moral cerpen
Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna dengan model pembelajaran latihan penelitian lebih
baik dibandingkan dengan metode ekspositori.
Kata kunci : Metode eksperimen, metode ekspositori, cepen
Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna dengan model pembelajaran latihan penelitian lebih
baik dari metode ekspositori pada siswa kelas X SMA Negeri I Tanjung Balai Tahun
Pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektivan Model
Pembelajaran Latihan Penelitian Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-nilai Moral
Cerpen Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Balai
Tahun pembelajaran 2010/2011.
Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan menganalisis nilai-nilai
moral cerpen Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna. Instrumen tes telah diujicobakan
sehingga diketahui validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post-test only control group design.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran latihan
penelitian sebesar 77,16 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan metode ekspositori
adalah 69,16. Dari perhitungan statistik “t” diperoleh harga t
hitung
sebesar 3,36 dan dari
tabel “t” pada daftar tabel untuk α = 0,05 dengan dk=58 sebesar 2,00 sehingga t
hitung
>t
tabel.
Hasil hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar menganalisis nilai-nilai moral cerpen
Sampan Zulaiha Karya Hasan AL-Banna dengan model pembelajaran latihan penelitian lebih
baik dibandingkan dengan metode ekspositori.
Kata kunci : Metode eksperimen, metode ekspositori, cepen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.225
Article Metrics
Abstract view : 225 timesPDF - 113 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Devi Sainar Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.