EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING LEARNINGTIPE KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN MEMPARAFRASAKAN PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUMBANJULU TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
Contextual Teaching Learning Tipe Konstruktivisme terhadap kemampuan memparafrasakan
puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2009/2010. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun
Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 98 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62
orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah
tes parafrasa puisi dalam bentuk esai tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
uji “t”.
Hasil tesn menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,03, sedangkan untuk kelas
kontrol 69,03. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih
tinggi daripada kelas kontrol.
Contextual Teaching Learning Tipe Konstruktivisme terhadap kemampuan memparafrasakan
puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2009/2010. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun
Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 98 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62
orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah
tes parafrasa puisi dalam bentuk esai tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
uji “t”.
Hasil tesn menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,03, sedangkan untuk kelas
kontrol 69,03. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih
tinggi daripada kelas kontrol.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.229
Article Metrics
Abstract view : 135 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Masta Fransiska Siadari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.