PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EDWIN GUTHRIE TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN “NAMAKU DIMAS KARYA KUSNIATY” OLEH SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN2009/2010
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran
kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan metode pembelalajarn
Edwin Guthrie dan tidak menggunakan metode Edwin Guthrie. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun
Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel penelitian ini
adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang
ada yaitu sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi 160 orang siswa
tersebut.
Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre
test.
Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre test sebesar 2020
dengan nilai rata-rata = 63,12, standard deviasi = 7,88 dan termasuk pada
kategori baik 16%, kategori cukup 34%, dan karegori kurang yakni 41% dari
kategori sangat kurang 9%. Hasil post test sebanyak 2395 dengan nilai rata-rata
= 74,84, standard deviasi = 8,14 dan dari kategori sangat baik sekali 19%,
kategori baik 41,%, kategori cukup 34% dan kategori kurang yakni 6%. Dari uji
data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari
uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang
homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t
o
sebesar 7,.
Selanjutnya t
o
diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=30. dari df=31 diperoleh taraf signifikasi
5%=2,02. karena t
o
yang diperoleh lebih besar dari t
tabel
yaitu 2,02<7, maka
hipotesis nihil (H
o
) ditolak dan hipotesis alternatif (H
a
) diterima.
Simpulkan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan
metode Edwin Guthrie oleh siswa Kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun
Pembelajaran 2009/2010.
Kata kunci : metode Edwin Guthrie, mengapresiasi cerpen
kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan metode pembelalajarn
Edwin Guthrie dan tidak menggunakan metode Edwin Guthrie. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun
Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel penelitian ini
adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang
ada yaitu sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi 160 orang siswa
tersebut.
Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre
test.
Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre test sebesar 2020
dengan nilai rata-rata = 63,12, standard deviasi = 7,88 dan termasuk pada
kategori baik 16%, kategori cukup 34%, dan karegori kurang yakni 41% dari
kategori sangat kurang 9%. Hasil post test sebanyak 2395 dengan nilai rata-rata
= 74,84, standard deviasi = 8,14 dan dari kategori sangat baik sekali 19%,
kategori baik 41,%, kategori cukup 34% dan kategori kurang yakni 6%. Dari uji
data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari
uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang
homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t
o
sebesar 7,.
Selanjutnya t
o
diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=30. dari df=31 diperoleh taraf signifikasi
5%=2,02. karena t
o
yang diperoleh lebih besar dari t
tabel
yaitu 2,02<7, maka
hipotesis nihil (H
o
) ditolak dan hipotesis alternatif (H
a
) diterima.
Simpulkan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan
metode Edwin Guthrie oleh siswa Kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun
Pembelajaran 2009/2010.
Kata kunci : metode Edwin Guthrie, mengapresiasi cerpen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i1.230
Article Metrics
Abstract view : 240 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Raijon Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.