KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR PEKAN SUNGGAL KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG (Kajian Pragmatik)

Aisyah Reysunnah Cleopatra, S.Fahmy Dalimunthe

Abstract


Abstark

Kesantunan berbahasa berbentuk dasar santun, yang berarti halus budi bahasanya, kata santun sering bergabung dengan bentuk sopan dalam frase sopan santun. Bentuk kesantunan berkaitan dengan segala hal yang berhubungan dengan penggunaan bahasa, sedangkan bentuk sopan lebih mengarah pada perilaku ataupun tindakan secara fisik dan non fisik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud bahasa yang digunakan penjual dan pembeli saat tawar menawar dan mendeskripsikan strategi kesantunan berbahasa apa yang muncul dalam tuturan penjual dan pembeli di Pasar Sunggal. Penelitian ini merupakan pnelitian kualitatif  deskriptif. Penelitian di adakan di Pasar Pekan Sunggal, selama kurang lebih dua bulan yaitu bulan September sampai November 2015. Sumber data adalah tuturan pada saat penjual dan pembeli ataupun pembeli dan penjual menanyakan atau menawarkan barang dagangannya.

Dari hasil pemerolehan data di temukan 14 kalimat berita,15 kalimat tanya,7 kalimat perintah. 3 bentuk makna permintaan, 3 suruhan, 2 ajakan, 3 permohonan.

Kata kunci :kesantunan berbahasa,tindaktutur,interaksijual beli.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i1.3905

Article Metrics

Abstract view : 375 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Aisyah Reysunnah Cleopatra, S.Fahmy Dalimunthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.