Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Katolik Trisakti Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Dewi kantate Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visaual terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa kelas XI SMA Swasta Katolik Trisakti Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Swasta Katolik Trisakti Medan sebanyak 185 orang. Sampel diambil sebanyak 74 orang, 37 orang dikelas eksperimen dan 37 orang dikelas kontrol.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 68. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakaan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,11 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1 + N2) -2 = 72. Pada tabel t dengan df = 72 diperoleh t tabel pada taraf signifikasi 5% = 1,993. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitunng  ttabel  ( 5,11 1,993, maka hipotesis alternatif  diterima yang menyatakan media audio visual lebih baik dari pada media cetak dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i4.7045

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Dewi kantate Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.