Pengaruh Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Menambahi) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Putie Mayang Sari

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks berita masih rendah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2015/2016 dengan teknik 3M (Mengamati, Meniru, Menambahi). Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Budisatrya Medan yang berjumlah 40 Siswa. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model (one group pre-tets dan post-test design). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sebelum dan sesudah menggunakan teknik 3M.

      Sebelum diberikan teknik pembelajaran 3M, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Pada tes awal diperoleh skor rata-rata 65,7. Setelah itu melaksanakan tindakan perlakuan pada siswa dengan memberikan teknik 3M dalam menulis berita. Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada sub pokok bahasan menulis teks berita dan guru menyajikan materi tentang menulis teks berita. Kegiatan inti guru mengarahkan siswa dalam menggunakan teknik 3M (Mengamati., Meniru, Menambahi), siswa mengamati teks berita yang diberikan lalu siswa meniru teks berita  yang telah dilihatnya lalu menambahi unsur-unsur berita yang kurang lengkap. Lalu dilakukan test kedua dengan nilai rata-rata 79,9 termasuk kategori baik. Target pelaksanaan tindakan penelitian rata-rata 70 secara individual dan klasikal. Berdasarkan nilai to dan ttabel, maka dapat diketahui bahwa to > ttabel yakni 4,01 > 2,02. Dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik 3M berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks berita.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v5i4.7046

Article Metrics

Abstract view : 497 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Putie Mayang Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.