Efektivitas Penggunaan Media Bagan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato oleh Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2013/2014

Suriya Emanita Br.Karo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media bagan
dalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pancur
Batu Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa kelas IX 157 orang.
Sampel penelitian sebanyak 62 siswa yang diambil secara acak. Terbagi ke dalam dua
bagian yaitu 31 siswa yang menggunakan media bagan dan 31 siswa yang tidak
menggunakan media bagan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen, dengan menggunakan media bagan pada kelompok eksperimen
dan tidak menggunakan media bagan pada kelompok kontrol. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan media bagan cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pancur Batu. Hal ini terlihat dari
skor rata-rata kemampuan berpidato siswa yang menggunakan media bagan 70,65
dengan kategori baik, sedangkan kemampuan siswa yang tidak menggunakan media
bagan 58,06 dalam kategori kurang. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan
media bagan dalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa. Hasil uji “t” pada
taraf signifikansi 5%, ternyata perbedaan skor rata-rata di atas adalah signifikan yaitu
21,47 > 2,00(0,05). Sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha)
diterima.
Kata Kunci: Pengaruh–Media Bagan- Berpidato

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v1i2.969

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Suriya Emanita Br.Karo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.