UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA KOMPETENSI DASAR POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 060819 KEC. MEDAN KOTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota.T.P 2017/2018 pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa Kelas IV SD 060819 Kec. Medan Kota.tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi guru dan motivasi belajar siswa. Hasil temuan penelitian diperoleh pada siklus I pertemuan pertama terdapat 18,7% siswa yang termotivasi dalam belajar sedangkan 81,3% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Pada pertemuan kedua siklus I terdapat 46,9% siswa yang termotivasi sedangkan 53,1% siswa masih kurang termotivasi dalam belajar. Dengan demikian secara klasikal siswa dinyatakan masih kurang termotivasi dalam belajar. Setelah dilakukan perbaikan, pada pertemuan pertama siklus II meningkat menjadi 90,6% dan pada pertemuan kedua siklus II meningkat menjadi 93,8%. Sementara siswa yang kurang termotivasi pada pertemuan pertama siklus II sebanyak 9,4% dan pada pertemuan kedua siklus II sebanyak 6,2%. Berdasarkan hasil temuan penelitian disimpulkan proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota.T.P 2017/2018 pada mata pelajaran PKn materi pokok politik luar negeri Indonesia.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Diskusi Kelompok, PKN
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10332
Article Metrics
Abstract view : 1023 timesPDF - 1109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.