MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE SNOWBALL DRILLING DI KELAS II SD NEGERI 060819 KEC. MEDAN KOTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan Penjumlahan Pecahan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas II SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota sebanyak 34 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Pada kondisi awal diperoleh hasil angket siswa sebanyak 6 siswa (17%) yang sangat termotivasi dan 28 siswa (83%) yang belum termotivasi. Pada Siklus I sebanyak 19 siswa (56%) telah termotivasi, 13 siswa (38%) yang cukup termotivasi, 2 siswa (6%) belum termotivasi serta secara klasikal motivasi siswa mencapai 56% dan tergolong cukup termotivasi. Pada Siklus II terdapat 29 siswa (85%) tergolong sangat termotivasi, sebanyak 3 siswa (9%) telah termotivasi, dan 2 siswa (6%) cukup termotivasi pada pelajaran Matematika serta secara klasikal motivasi siswa mencapai 94% dan tergolong sangat termotivasi mengikut pelajaran Matematika. Pada siklus I diperoleh nilai observasi guru ketika mengajar yaitu 71,66 dengan kriteria baik dan pada Siklus II diperoleh nilai 88,33 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penggunaan metode Snowball Drilling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika pokok bahasan Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas II SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota T.A 2016/2017.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Snowball Drilling, Penjumlahan dan Pengurangan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10333
Article Metrics
Abstract view : 456 timesPDF - 402 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.