MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 060910 MEDAN DENAI

Nurintan Sianturi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Islam siswa kelas II SD Negeri 060910 Medan Denai tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 060910 Medan Denai tahun pelajaran 2014/2015. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (75,56%), siklus III (86,67%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tuntas dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas II SD Negeri 060910 Medan Denai tahun pelajaran 2014/2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pengajaran Tuntas, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10355

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot