PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUKMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IIISDN 106162 MEDAN ESTATE
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Model pembelajaran Cooperative Script dalam memahami Keanekaragaman suku bangsa dan budaya siswa kelas III semester genap SD Negeri106162Medan Estate dan pendekatan penelitian tindakan kelas PTK (Class Action Research) yang dilakukan 2 siklus. Siklusperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III semester . Hasilpenelitian tindakan kelas terlihat ada peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa dalam menguasai materi.analisis data disimpulkan bahwa siklus 1belajar siswa nilai rata-rata hanya 65,75data hasil observasi terhadap aktivitas siswa dari 60,42% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 menjadi 89,59%.
Kata Kunci:IPS, Model Cooperative Scrip, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10356
Article Metrics
Abstract view : 439 timesPDF - 345 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.