UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI 064960 KECAMATAN MEDAN POLONIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media sedotan. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas II-A SDN 064960 Medan setelah menggunakan media konkret sedotan. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis data persentase klasikal dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik setelah menggunakan media sedotan mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh jumlah skor 45,5 dan siklus II jumlah skor 60 dengan kategori baik, (2) ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media konkret sedotan yang menunjukkan dari hasil awal 28,57%, pada siklus I 64,28% dan siklus II 100%.
Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Media Konkret
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10377
Article Metrics
Abstract view : 426 timesPDF - 624 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.