PENGARUH PERILAKU INOVATIF DAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KEPALA SMP DI MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) perilaku inovatif terhadap kepuasan kerja, (2) kepemimpinan pembelajaran terhadap kepuasan kerja, dan (3) perilaku inovatif dan kepemimpinan pembelajaran secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Medan tahun 2013 dengan populasi 348 orang serta sampel 173 orang kepala SMP sebagai responden yang diambil secara random dan ditetapkan berdasarkan tabel Isaac dan Michael. Data penelitian dijaring dengan menggunakan kuesioner pilihan berganda model skala Likert, setelah terlebih dahulu diuji coba, yaitu untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi, namun sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis, yang mencakup: uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnof Test; dan uji kelinieran regresi dengan menggunakan statistik F test. Hasil penelitian menunjukkan (1) perilaku inovatif berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan kerja, (2) kepemimpinan pembelajaran berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan kerja, (3) perilaku inovatif dan kepemimpinan pembelajaran secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan kerja. Jika dilihat besar sumbangannya, maka kepemimpinan pembelajaran lebih besar perannya dari perilaku inovatif untuk mempengaruhi kepuasan kerja kepala SMP di Medan.
Kata kunci: Perilaku Inovatif, Kepemimpinan Pembelajaran, Kepuasan Kerja, Kepala Sekolah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1333
Article Metrics
Abstract view : 335 timesPDF - 568 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.