PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 086 PANYABUNGAN
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 086 Panyabungan yang berlokasi di Jln. Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat pada persentase tingkat motivasi siswa pada siklus I sebesar 36,10% yang tergolong rendah dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,90% yang tergolong sangat tinggi. Sedangkan hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 13,88% yang tergolong sangat rendah dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 88,88% yang tergolong sangat tinngi.
Kata kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Motivasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1757
Article Metrics
Abstract view : 742 timesPDF - 48 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.