PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GLOBALISASI SISWA SEKOLAH DASAR

Mufarizuddin Mufarizuddin

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV  SD 002 Bangkinang  tahun 2016-2017 yang berjumlah 20 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengankategoricukup (67,5%) dan pada siklus II dengan kategori baik (90%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, siswa yang tuntas 45% sedangkan siklus II, semua siswa tuntas (100%).Simpulan dari penelitian ini adalah model inkuiri ini dapat digunakan sebagai salah satu pembelajaran PKn.

Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil Belajar, Globalisasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6399

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.