KEEFEKTIFAN METODE GLOBAL BERBANTU MEDIA KALBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MMP (MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN) SISWA KELAS 1 SDN WIROTO
Abstract
Abstract: The Effectiveness of Global Methods Helped by Media of West Kalimantan to Improve the Ability of MMP (Reading and Writing Beginnings) of Grade 1 Students of SDN Wiroto. The purpose of this research is to know the effectiveness of global method assisted by media of kalbar to improve the ability of MMP (Reading and Writing Beginnings) of grade 1 student of SDN Wiroto. This type of research is quantitative research in the form of Pre-Experiment Design with One-Group Pretest-Posttest. The study population was all students of SDN Wiroto in the academic year 2017/2018. The samples taken in this study are 14 students class I. Data in this study obtained through observation, interviews, tests, and documentation. Based on the final analysis that has been done by using t test shows that thitung> ttable is 3.49876> 2.16037 then Ho is rejected and Ha accepted. So the conclusion shows that the global method of helping the media is effective to improve the ability of MMP (Reading and Writing Beginnings) grade 1 students SDN Wiroto.
Keywords : Global Method assisted by Kalbar Media, MMP Ability
Abstrak : Keefektifan Metode Global Berbantu Media Kalbar untuk Meningkatkan Kemampuan MMP (Membaca dan Menulis Permulaan) Siswa Kelas 1 SDN Wiroto. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode global berbantu media kalbar untuk meningkatkan kemampuan MMP (Membaca dan Menulis Permulaan) siswa kelas 1 SDN Wiroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimen Design dengan One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Wiroto tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas I. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, Wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,49876 > 2,16037 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya menunjukkan bahwa metode global berbantu media kalbar efektif untuk meningkatkan kemampuan MMP (Membaca dan Menulis Permulaan) siswa kelas 1 SDN Wiroto.
Kata Kunci : Metode Global berbantu media Kalbar, Kemampuan MMP
Keywords : Global Method assisted by Kalbar Media, MMP Ability
Abstrak : Keefektifan Metode Global Berbantu Media Kalbar untuk Meningkatkan Kemampuan MMP (Membaca dan Menulis Permulaan) Siswa Kelas 1 SDN Wiroto. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode global berbantu media kalbar untuk meningkatkan kemampuan MMP (Membaca dan Menulis Permulaan) siswa kelas 1 SDN Wiroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimen Design dengan One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Wiroto tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 14 siswa kelas I. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, Wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,49876 > 2,16037 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya menunjukkan bahwa metode global berbantu media kalbar efektif untuk meningkatkan kemampuan MMP (Membaca dan Menulis Permulaan) siswa kelas 1 SDN Wiroto.
Kata Kunci : Metode Global berbantu media Kalbar, Kemampuan MMP
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v9i1.10514
Article Metrics
Abstract view : 857 timesPDF - 872 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Nur Aini Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.