MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD

RIZKI RIZA HARNUM

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains materi Gaya Magnet dengan menggunakan metode Eksperimen di kelas V SD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa, objeknya metode Eksperimen, dan data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan pre tes nilai rata-rata siawa 40,62. Pada siklus I rata-rata nilai siswa 69,68. Pada siklus II  nilai rata-rata 88,12. Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dari pre tes, pos tes siklus I dan pos tes siklus II secara empiris telah terbukti adanya peningkatan yang signifikan. Dengan demikian penerapan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains materi Gaya Magnet SDN 112313 Brussel T.A 2011/2012.

Kata kunci: Hasil belajar siswa, pelajaran Sains, metode Eksperimen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v1i1.1252

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 RIZKI RIZA HARNUM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.