PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA DALAM MENYIAPKAN ANAK TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA
Abstract
ABSTRAK
Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan intelektual secara signifikan di bawah rata-rata normal. Kemampuan intelektual atau Intellegensi Quontient (IQ) berada pasa gradasi 0-69. Dengan hambatan intelektualnya anak tunagrahita memiliki kecenderungan tergantung kepada orang lain dan memiliki kesulitan dalam beradaptasi. Kondisi ini menuntut adanya bimbingan dan bantuan dari orang-orang yang ada di sekitarnya agar mereka bisa mandiri. Sekolah Luar Biasa sebagian besar tidak memiliki guru Bimbingan dan Konseling (BK), padahal sebagai pengelola pendidikan bagi anak tunagrahita sangat membutuhkan peran guru BK, untuk membantu memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi anak tunagrahita dan keluarganya. SLB Negeri Pembina Yogyakarta menerapkan model pembelajaran dengan sistem guru kelas mulai dari jenjang TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB, sehingga untuk menyikapi tidak adanya guru BK, sekolah memberikan peran ganda bagi guru yaitu sebagai guru kelas sekaligus sebagai guru BK di kelasnya. Peran ini sangat strategis, namun tidak mudah untuk dilaksanakan. Salah satu penyebab kesulitan tersebut karena guru-guru kelas tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang BK. Langkah yang diambil adalah memberikan bekal kepada seluruh guru kelas tentang BK, dan mengangkat 1 (satu) guru sebagai koordinator. Koordinator menggerakkan seluruh guru kelas yang sekaligus menjadi guru BK untuk aktif membimbing anak mengatasi kesulitannyadalam hal mandiri dan beradaptasi. Karena mandiri dan adaptasi ada kaitannya dengan pihk keluarga dan masyarakat atau para pengusaha, maka koordinator BK menjadi menggerak terjalinnya kerjasama antara sekolah dengan orangtua/keluarga anak tunagrahita dan para pengusaha.
Kata Kunci : Peran Guru BK strategis, Membangun jejaring kerja.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1732
Article Metrics
Abstract view : 2654 timesPDF - 561 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 REJOKIRONO .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.